Layanan dan Teknologi

Kemarin, ditugasi kantor untuk melakukan monev collecting agent, kegiatan ini rutin dilakukan tiap triwulan. Ke perbankan yang ada di Depok dan Bogor.

Kemarin, ditugas hanya ke Cibinong, ke bank BUMN.

Setelah tanya jawab terkait isian yang ada di berita acara dan melihat-lihat ruang layanan. Lanjut obrolan lainnya. Kali ini tentang bank nya. Kebetulan petugasnya sangat ramah. Pernah bertugas juga di kantor cabang pembantu, yang di satu lokasi dengan kantorku, dulu nya masih unit, sekarang sudah tidak ada lagi. Tutup. Banyak yang diobrolkan. Dimulai dengan obrolan tentang antrian, sekarang yang antri sedikit. Teler pun tinggal untuk 2 line. Kadang hanya 1 line aja yang bertugas. Paling yang agak banyak di cso. Belakangan banyak difasilitasi menggunakan aplikasi dan mesin, katanya.

Buka rekening pakai sarana online, setor uang pakai mesin, bayar ini dan itu pakai aplikasi bank. Permasalahan nasabah juga banyak melalui sarana online. Beberapa kantor cabang pembantu malah sudah ada yang ditutup, mungkin karena alasan bisnis.

Obrolan lanjut ke pembayaran pensiunan, dulu banyak yang datang, untuk ambil pensiun di bank ini.

Sekarang, Taspen membangun aplikasi Taspen otentikasi, jadinya pembaharuan data yang dilakukan berkala di bank atau yang lainnya. Sudah tidak dilakukan lagi. Cukup pakai aplikasi tsb. Jadinya kehadiran nasabah ke bank menjadi sangat banyak berkurang. Hanya sesekali, paling itupun hanya temu kangen saja. Hehehe.

Perkembangan teknologi benar-benar luar biasa memudahkan semuanya. Tapi juga mengurangi peran serta manusia. Lambat laun, layanan semuanya dilakukan secara online. Jumlah pegawai ya akan banyak berkurang. Apakah nanti hanya cerita. Tapi entah kapan.

Postingan populer dari blog ini

Parkir Kendaraan Bermotor di Stasiun Bogor

SMK SMAKBO baru

Durian Kabupaten Purworejo