Teknologi dan Kehumasan
Berat, kalau teknologi sudah mengalami 2 masalah ini. Pertama problem jaringan/koneksi, sekarang aplikasi jarang yang standalone, karena datanya harus terpusat. Data yang akan diakses maupun data yang akan disimpan. Database terpusat. Kalau tiba-tiba putus, ya wasalam. Harus menunggu sampai jaringan lancar kembali. Berapa lama, ya tergantung. Namun biasanya, bagian IT akan telepon sana-sini, khususnya pic jaringannya pusat.
Kedua aplikasinya, kadang ada update, yang terus menerus, untuk menutup kekurangan dari aplikasi tersebut, biasanya kekurangan akan diketahui dengan sering digunakannya aplikasi tersebut. Bisa juga karena adanya penambahan fitur baru. Fitur yang akan terkoneksi dengan aplikasi lain milik pihak lain. Bisa juga memang adanya permintaan fitur baru tanpa koneksi dengan pihak lain. Walaupun sudah dilakukan UAT dan lancar, namun begitu diimplementasikan akan dijumpain kendalanya.
Manfaat perkembangan teknologi sangat banyak dan besar. Namun sekalinya kena kendala perlu waktu, untuk memperbaikinya.
Ini perlunya kerjasama pihak sistem aplikasi dengan bidang humas organisasi. Kehumasan harus bergerak cepat, untuk menenangkan customer. Agar tersampaikan dengan jelas dan benar permasalahan tersebut. Banyak media yang bisa digunakan, media online, pasang papan pengumuman, bahkan bisa melalui whatsapp. Pesan yang tersampaikan walaupun pahit akan dapat diterima. Dibanding tidak ada pesan yang dikirim.
Sehingga customer hanya bisa menebak nebak, kenapa ya.